CERITA SAYA KE DERAWAN

Pada suatu hari saya mempersiapkan barang barang untuk ke derawan saya mempersiapkan baju untuk pakaian ganti disana dan juga cemilan dan makanan yang saya suka.

Dan keesokan hari nya saya berangkat  ke derawan saya melalui bandara apt pranoto untuk kesana dan melalui garis khatulistiwa ,sangatta ,butuh 24 jam untuk ke derawan maka kita beristirahat di sangatta.

Setelah kita sampai sangatta kita beristirahat di rumah sepupu saya dan setelah itu saya bertemu dengan sepupu saya dan mengangkut barang ke kamar tamu lalu saya bermain  dengan sepupu saya  dan saya mendapatkan cemilan dari sepupu saya lalu malam tiba saya solat magrib dulu setelah itu saya mengelilingi sangata dan membeli cemilan lagi untuk ke derawan nya lagi lalu saya ketempat teman ayah saya dan kita di beri makanan setelah selesai makan saya pulang lagi ke tempat sepupu saya tidak terlalu jauh untuk kerumah sepupu saya lagi hanya 10 menit saja .

Sesampai dirumah sepupu saya, saya solat  isya setelah itu lanjut bermain bersama sepupu saya lalu sudah jam Sembilan lewat saya harus segera tidur agar bangun pagi .

Pagi hari kemudian saya mandi setelah itu berpakaian lalu kita sarapan kentang goreng dirumah sepupu saya lalu kita mengankut barang barang lagi kemobil lalu saya pamit dulu ke sepupu saya lalu saya lanjut ke derawan .

Saya ingin ke warung untuk memakan nasi  setelah sampai di warung saya memesan makanan favorot saya lalu saya makan deh .

Setelah  saya makan saya lanjut jalan lagi .

4 jam kemudian saya sampai di wahau dan saya melihat ada warung lalu saya ke warung itu untuk makan lagi karna dijalan udah 4 jam jadi saya kelaparan saya memakan kwetiaw goreng setelah saya makan saya lanjut lagi jalan melihat ada pom bensin lalu ayah saya mengisi bensin .

3 jam 40 mnt  kemudian saya sampai di berau lalu saya melihat ada pom bensin lalu ayah saya mengisi bensin lagi karna masih 1 jam 40 mnt lagi sesampai di sana karna takut nya tidak ada lagi kelihatan pom bensin setelah mengisi  bensin saya lanjut jalan lagi .

1 jam 40 mnt kemudian saya sampai di pelabuhan spit lalu mobil saya di nginap kan di pelabuhan spit lalu saya mengankut barang seperlunya lalu saya menunggu spit datang.

setelah itu spit nya pun datang lalu barang barang saya dibawa ke spit nya lalu saya menaikinya dengan hati hati .

setelah itu spit pun jalan saya pun senang sekali menaiki spit gerakan nya sangat cepat saya melihat laut yang berwarna biru tua aslinya jika kita sampai ke pulau nya air nya berwarna biru tosca

30 mnt kemudian saya sampai di pulau derawan saya melihat air yang berwarna hijau dan ada biru biru tosca di pinggir pantai nya lalu saya mengangkut barang barang saya  ke home stay atau hotel di pulau ayah saya meminta nomor telepon spit nya karna besok kita mau diving jadi yang mengantar diving adalah spit itu lagi setelah itu.

Saya mencari kamar dan saya mendapatkan kamar nomor 10 lalu saya mengangkut barang barang saya ke kamar dan setelah itu saya berfoto foto di pulau Derawan dan menikmati sunset .

Sudah mau magrib saya ke kamar untuk solat magrib lalu setelah saya solat saya jalan malam untuk mencari makan di sana karna disana ada beberapa tempat yang menjual makanan saya mendapat warung makan saya memesan mie rebus agar badan menjadi hangat ayah dan kaka saya memesan ikan bakar dan ibu saya memesan mie rebus seperti saya .

Setelah saya makan saya pulang ke home stay ,dan sesampai dikamar ,saya solat isya lalu saya main hp sebentar hanya 5 mnt setelah itu saya tidur .

Pagi pun tiba saya mandi setelah itu berpakaian lalu sarapan di lapauta restoran saya makan sup dan minum teh  hangat karna cuaca sedang hujan tapi tidak terlalu lebat sambil menikmati laut  yang indah .

Setelah makan saya memakai baju renang untuk diving kita membawa beberappa baju ganti lalu ayah saya menelpon spit untuk ke pulau maratua lalu kita menunggu spit .

Dan spit pun datang saya menaiki nya melewati  tangga dan lanjut ke maratua butuh 45 mnt ke maratua dan kita melihat ada lumba lumba mereka melompat dan mengikuti kita setelah sampai di pulau maratua lumba lumba itu pun pergi .

Setelah sampai kita menaiki tangga dan saya melihat banyak ikan kecil kecil lucu lalu saya berfoto foto dulu lalu berenang saya dipinjamkan alat oleh orang yang menyetir spit lalu saya berenang deh bersama ikan ikan lucu dan saya melihat ada teman nya ikan  nemo nih lalu saya lanjut berenang ,sungguh ikan ikan nya indah cantik dan lucu sekali dan air nya sungguh biru dan bening dan juga ada biru tosca wah sungguh cantik indah apalagi itu warna favorit saya .

20 mnt saya di maratua lalu lanjut kepulau kakaban .

35 mnt kemudian saya sampai di pulau kakaban island saya duduk duduk di dermaga kita memakan ikan goreng  dan es kelapa sungguh enak sekali dan setelah makan saya naik tangga karena pulau nya ada di dalam karena itu ada bukit nya lalu sesampai di pulau nya kita berenang menggunakan pelampung karena pulau nya itu dalam dan harus memakai kaca mata renang untuk di laut lalu saya berenang di pinggir pinggir aja karena takut gak kembali ke dermaga.

Saya berenang bersama ibu kaka saya dan ayah saya dan saya menyelam melihat ubur ubur jinak atau boleh di pegang dan saya memegang ubur ubur nya tekstur ubur ubur nya seperti jely saya merasa sangat senang sekali lalu 30 mnt saya disana saya pun kembali ke spit  untuk ke pulau Sangalaki lalu saya kesana 30 mnt untuk kesana.

dan sesampai di sana saya ke pantai nya dan ada bak gede yang berisi penyu kecil kecil lucu saya memegang nya dan setelah bertemu dengan penyu saya ke pantai lagi untuk berenang saya bermain dengan ombak sungguh seruu 25 mnt saya disana saya pun ke pulau terakhir yaitu pulau tak ternama atau pulau nya kecil dan hanya pasir jika makin sore pulau tak ternama nya akan tenggelam dan saya ke pulau itu segera tapi di tengah tengah laut saya melihat ada pari manta yang lumayan besar lalu saya langsung aja lanjut ke pulau tak ternama 37 mnt untuk kesana .

lalu sesampai di sana saya berenang dan berfoto foto dengan aga cepat karena mau sore takut pulau nya langsung tenggelam saya di sana hanya 17 mnt lalu saya balik ke pulau lapauta atau home stay yang kita inap.

Lalu sesampai di pulau lapauta saya hanya main air saja lalu langsung mengganti baju setelah Menganti pakaian saya Menik mati sunset lalu magrib pun tiba saya pun solat magrib lalu cari makan saya mencari makan ikan dan kelapa lalu saya pulang ke home stay setelah itu saya main hp 10 mnt lalu tidur .

lalu pagi pun datang saya sarapan di lapauta resrot lalu berfoto foto untuk jadi kenangan karena ini adalah hari terakhir di sana setelah itu ayah saya menelpon orang spit nya lalu kita mengangkut barang barang lalu kunci nya di serah kan ke orang hotel nya lalu ucapkan selamat tinggal Derawan .